PanenTalks, Bogor-Bank digital anggota BRI Group, Bank Raya, kembali menegaskan komitmennya dalam mempercepat akselerasi komunitas dan pelaku usaha lokal melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dan literasi keuangan digital.
Kali ini, Bank Raya menyerahkan bantuan CSR kepada Cluster Unggulan Jatiraras Sawarga, yang berlokasi di Cibinong, Bogor, Jawa Barat.
Penyerahan dilakukan langsung oleh Direktur Utama Bank Raya, Ida Bagus Ketut Subagia, kepada Ketua Sentra Kuliner Jatiraras Sawarga, Aulia, disaksikan oleh Lurah Cibinong, Yogaswara, dan Branch Office Head BRI Cibinong, Kurniawan Setyantoro. Bantuan yang diberikan berupa fasilitas sanitasi air bersih dan pembangunan mushola bagi kenyamanan pengunjung pusat kuliner tersebut.
“Kami berharap bantuan ini dapat meningkatkan jumlah kunjungan pelanggan dan mendukung pertumbuhan bisnis UMKM di Jatiraras Sawarga,” ujar Ida Bagus.
Selain pemberian bantuan fisik, Bank Raya juga aktif mendampingi para pelaku usaha melalui edukasi literasi keuangan digital. Pelaku UMKM dikenalkan dengan produk-produk Bank Raya seperti Saku Bisnis, QRIS Bisnis, dan Fitur Kasir untuk mendukung transaksi non-tunai dan pengelolaan operasional usaha yang lebih efisien.
“Program CSR Cluster Unggulan akan terus kami perluas ke berbagai wilayah. Ini bagian dari komitmen ESG Bank Raya dan semangat kami dalam memberdayakan komunitas lokal,” tambah Ida Bagus.
Hingga akhir 2024, Bank Raya telah menjangkau sejumlah cluster di berbagai kota seperti Batu Malang, Surakarta, Semarang, dan Yogyakarta. Sebanyak 150 pelaku usaha telah menerima manfaat CSR dan kini aktif memanfaatkan layanan digital perbankan Bank Raya.
Melalui fitur Saku Bisnis di aplikasi Raya, pelaku usaha dapat memisahkan dana usaha dari keuangan pribadi, melakukan transfer massal, mengecek mutasi rekening, hingga mendaftar QRIS Bisnis secara gratis. Sementara QRIS Bisnis memberikan kemudahan pencairan dana dalam empat waktu berbeda dalam sehari, dan saat ini telah digunakan oleh lebih dari 5.000 merchant di 23 kota.
“Kami berkomitmen memperluas jangkauan layanan digital dan edukasi keuangan demi mendorong UMKM naik kelas dan mengelola bisnis secara lebih profesional,” tutup Ida Bagus.