PanenTalks, Solo – PT Jasamarga Solo Ngawi (JSN) sebagai pengelola ruas Jalan Tol Solo-Ngawi sambut libur panjang Hari Raya Waisak dan Kenaikan Isa Almasih tahun 2025. Untuk itu mereka memastikan tim siaga Satuan Tugas (Satgas) operasional selama masa liburan tersebut untuk menjamin kelancaran, keamanan, kenyamanan, dan keselamatan para pengguna jalan tol.
Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PT JSN Mery Natacha Panjaitan, Senin (12/5/2025). Dipastikan selama musim libur akhir pekan yang bersambung dengan Libur Hari Raya Waisak dan libur Kenaikan Isa Almasih tahun 2025 pengguna ruas jalan tol Solo-Ngawi meningkat.
”Untuk itu PT JSN telah melakukan kesiapan layanan operasional secara menyeluruh, di antaranya dengan menyiapkan layanan transaksi, layanan lalu lintas, layanan preservasi atau pemeliharaan dan juga kesiapan Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di Ruas Jalan Tol Solo-Ngawi,” ujar Mery.
Sebagai informasi dalam periode-periode libur panjang, kota Solo dan sekitarnya merupakan salah satu tujuan wisata bagi masyarakat. Ditambah lagi saat ini memasuki periode haji. Sehingga selain lokasi-lokasi wisata seperti Tawangmangu dan Keraton Surakarta, aktivitas lalu lintas juga meningkat di sekitar Asrama Haji Donohudan Boyolali melalui gerbang tol (GT) Bandara Adi Soemarmo.
PT JSN telah memastikan kesiapan 20 unit Mobile Reader yang didistribusikan di 7 Gerbang Tol Ruas Solo – Ngawi sebagai antisipasi apabila terdapat antrean khususnya di pintu Exit. Untuk mendukung kelancaran lalu lintas selama libur panjang, PT JSN juga menyiagakan kendaraan operasional dan layanan derek 24 jam, yang dimonitor oleh JMTIC Wilayah Tengah dan Timur guna memastikan kenyamanan pengguna jalan.
Di bidang layanan preservasi atau pemeliharaan, PT JSN berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik dan menjaga kondisi jalan dan sarana penunjang dalam kondisi prima melalui kegiatan pemeliharaan rutin, periodik, dan atau pemeliharaan khusus seperti, penutup lubang, pembersihan saluran Drainase dan peningkatan jalan tol lainnya. Untuk kondisi khusus, PT JSN menyiagakan Tim siaga 24 jam yang selalu siap untuk menjaga kenyamanan perjalanan pengguna jalan.
”Kesiapan layanan pada TIP di sepanjang Ruas Jalan Tol Solo – Ngawi yaitu TIP KM 519, KM 538, dan KM 575 arah Jakarta dan Surabaya mencakup pengecekan fasilitas seperti toilet, pemberlakuan toilet fungsional secara kondisional, tempat ibadah, tenant, dan sarana umum lainnya agar tetap berfungsi optimal,” jelas Mery lebih lanjut.
Lebih lanjut Mery mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk mempersiapkan perjalanan sebaik mungkin dengan memastikan kendaraan dalam kondisi prima, kecukupan BBM dan saldo uang elektronik. ”Hubungi One Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor 14080 dan aplikasi Travoy 4.5 untuk pengguna iOS dan Android jika butuh bantuan dan informasi seputar jalan tol milik Jasa Marga Group,” ujarnya. (*)
Editor: Ratih Kusumawanti