Sabtu, September 27, 2025

Mendag Targetkan 50 Persen Penjualan Produk Lokal di Harbolnas 2025

Share

PanenTalks, Jakarta – Menteri Perdagangan Budi Santoso menargetkan penjualan produk lokal dalam Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2025 bisa mencapai 50 persen dari total transaksi Rp33–35 triliun.

“Kementerian Perdagangan mendorong produk lokal dan UMKM naik kelas ke panggung utama. Harbolnas menjadi bentuk cinta masyarakat pada karya anak bangsa, sekaligus bukti bahwa perdagangan digital mampu menjadi motor pertumbuhan ekonomi kreatif dan berkelanjutan,” kata Mendag Budi Santoso dalam acara Kick-off Road to Harbolnas 2025 di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (8/9).

Ia menjelaskan, target tersebut dapat tercapai dengan memperkuat pemasaran dan konsumsi produk UMKM melalui platform niaga elektronik (e-commerce). Harbolnas 2025 akan mencapai puncaknya pada 10–16 Desember 2025.

Untuk membangun kesadaran menuju puncak Harbolnas, Kemendag bersama Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menyiapkan rangkaian kegiatan Road to Harbolnas. Aktivasi yang akan berlangsung antara lain Roadshow idEA untuk UMKM di empat kota pada September–Desember 2025, pameran pariwisata dan Pop Up Market UMKM pada Oktober, serta Campus Bazaar Local Brand Festival yang berkolaborasi dengan perguruan tinggi.

Pelaksanaan Harbolnas 2025 mengusung tema #NyatakanCintaNusantara dengan fokus pada produk pakaian olahraga dan fesyen, perawatan pribadi, makanan dan minuman, serta dekorasi dan kebutuhan rumah. “Kategori ini dipilih karena mencatat penjualan tertinggi pada Harbolnas 2024,” jelas Budi.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasi terhadap idEA yang bersinergi dengan pemerintah dalam memperkuat peran UMKM di perdagangan digital. “Kegiatan ini menjadi penting untuk mendorong UMKM, karena UMKM adalah salah satu kelas menengah di Indonesia. Jadi perlu kita pertebal kegiatan yang mendorong ekosistem, baik produsen maupun pipeline, dalam hal ini melalui e-commerce. Ini harus bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia,” tegas Airlangga.

Sementara itu, Ketua Umum idEA Hilmi Adrianto optimistis Road to Harbolnas akan memperkuat acara puncak Desember mendatang. “Kick-off Harbolnas 2025 yang telah berjalan hari ini akan dilanjutkan dengan roadshow ke skala nasional. Agenda ini mempertemukan pelaku usaha lokal dengan ekosistem perdagangan digital untuk memperkuat jejaring serta memperluas jangkauan produk unggulan daerah ke konsumen nasional,” jelas Hilmi.

Read more

Local News