PanenTalks, Tangerang – Pendopo, brand di bawah PT Aspirasi Hidup Indonesia Tbk memperluas jangkauan. Mereka hadir di layanan Citilink Indonesia Inflight Sales dan Garuda Indonesia Executive Lounge di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kehadiran Pendopo setidaknya memperluas akses pasar bagi produk UMKM lokal.
Ini merupakan hasil kolaborasi bersama King Power Traveler. Pendopo sendiri merupakan rumah atau payung bagi lebih dari 12.000 produk lokal yang merupakan karya lebih dari 300 UMKM dari berbagai penjuru Nusantara.
Mengusung semangat pelestarian budaya, brand yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group ini membawa koleksi produk yang menggabungkan nilai tradisional dengan estetika masa kini.
Di lokasi baru tersebut, pengunjung bisa menemukan berbagai pilihan produk khas Indonesia. Misalnya saja Bali Alus, Minyak Kutus Kutus, produk perawatan tubuh berbahan alami. Termasuk produk lokal lainnya dalam kemasan secara modern dan menarik.
Representasi Warisan dan Kreativitas Bangsa
Putu Laura, Head of Pendopo, menuturkan, “Di Pendopo, setiap produk lokal yang kami bawa merupakan representasi dari identitas, warisan, dan kreativitas bangsa.”
“Kami meyakini produk seperti ini layak mendapat ruang di panggung yang lebih luas. Hadirnya Pendopo di Citilink dan Garuda Lounge, bagai pijakan dalam membangun ruang tumbuh yang sehat bagi ekonomi kreatif Indonesia,” ujar dia.
Menurut Putu Pendopo memberi ruang bagi produk UMKM unggulan sehingga menguatkan suasana etnik di lounge.
“Tak hanya memasarkan produk UMKM yang menambah suasana etnik di lounge, kehadiran Pendopo mampu menciptakan ingatan yang memantik kembali kedekatan emosional masyarakat terhadap budaya Indonesia. Saat melanjutkan perjalanan mereka membawa cendera mata yang mengingatkan pada Tanah Air,” tutur dia
Keberadaan Pendopo di dua maskapai nasional ini tidak hanya memperluas jangkauan pasar. Tetapi juga menjadikan lounge bandara sebagai ajang promosi kekayaan budaya.
Lounge kini tidak sekadar tempat menunggu keberangkatan, namun juga menjadi ruang pamer budaya yang menghadirkan pengalaman autentik bagi para pelancong—baik lokal maupun internasional.
Langkah ini sebagai bentuk nyata dukungan pada sektor ekonomi kreatif dan para pelaku UMKM lokal yang terus berinovasi. Dengan memperkenalkan produk khas Indonesia ke audiens global, Pendopo turut membantu membangun apresiasi terhadap warisan budaya Nusantara.
Beri Pengalaman Premium
Sementara Direktur King Power Traveler, Herli Wijaya, menyampaikan dukungan atas kerja sama ini.
“Kami sangat antusias menyambut kolaborasi ini sebagai upaya dalam memberikan pengalaman premium bagi penumpang. Pasalnya kami menyuguhkan produk lokal unggulan dalam penerbangan rute domestik Citilink maupun pelanggan Garuda Indonesia Executive Lounge,” kata Herli.
“Pendopo menghadirkan pengalaman baru bagi pelanggan kedua maskapai nasional. Pelanggan akan mendapatkan beragam pilihan produk khas Indonesia yang mengingatkan warisan budaya Nusantara,” ujarnya.
Herli, lebih lanjut, mengatakan, “Kolaborasi ini menjadi wujud dukungan kami dalam menjembatani karya anak bangsa yang berkualitas. Karya mereka bisa tampil lebih luas sekaligus memperkenalkan nilai budaya Indonesia kepada khalayak global.”
Dengan terobosan ini, Pendopo menunjukkan peran aktif dalam menciptakan ruang-ruang baru bagi produk lokal. Meeka juga menjembatani warisan budaya dengan kebutuhan pasar modern. Selain itu ada upaya memperkuat identitas bangsa di mata dunia melalui karya anak negeri. (*)

