Jumat, Oktober 17, 2025

UMKM Lokal Dari Sate Lilit hingga Tenun Ramaikan MotoGP

Share

PanenTalks, Mandalika – UMKM binaan Pertamina Patra Niaga turut menyemarakkan ajang Pertamina Mandalika International Circuit (PMIC) pada Pertamina Grand Prix of Indonesia 2025.

Di antara booth sponsor global, UMKM binaan Pertamina Patra Niaga membawa aroma Cita Rasa Nusantara dan warna-warni kriya lokal yang sukses menarik ribuan pengunjung.

Kehadiran 20 UMKM binaan Pertamina Grup (meliputi 16 kuliner dan 4 kriya/fesyen) bukan hanya pelengkap, tetapi menjadi magnet budaya dan ekonomi yang penting.

Mereka unjuk gigi bersama 180 pelaku usaha lokal lainnya, mengubah area sirkuit menjadi festival yang memperkenalkan kekayaan lokal kepada dunia.

Dari gerai kuliner, pengunjung bisa menikmati hidangan andalan seperti sate lilit, kopi tradisional, hingga es krim lokal.

Keautentikan rasa ini bahkan memikat lidah wisatawan mancanegara.“Saya jatuh cinta pada sate lilit dan es krim tradisionalnya! Rasanya autentik sekali. Ini pengalaman kuliner yang tidak saya temui di tempat lain.

“Apalagi di tengah atmosfer balapan MotoGP, benar-benar luar biasa,” ujar Hailey, seorang wisatawan asal Australia.

Tak hanya kuliner tradisional, UMKM yang mengusung konsep modern pun ikut bersinar. Wholefoood, misalnya, menyajikan menu sehat seperti sandwich dan salad dengan sentuhan cita rasa lokal yang menjadi favorit para turis asing karena konsepnya yang simple dan easy-to-grab.

“Bergabung sebagai UMKM binaan Pertamina memberi kami peluang besar untuk memperkenalkan produk makanan sehat lokal kepada pasar internasional,” kata Baiq Melinda Mustika Sari, pemilik Wholefoood, menyoroti manfaat platform internasional ini.

Hasil Nyata: Omzet Ratusan Juta dan Dukungan KorporasiKemeriahan ini menghasilkan dampak ekonomi yang konkret.

Selama tiga hari penyelenggaraan event, total penjualan UMKM binaan Pertamina menembus angka Rp260 juta, membuktikan tingginya antusiasme dan daya beli pengunjung terhadap produk lokal yang berkualitas.

Dampak ini juga mendapat perhatian langsung dari jajaran manajemen Pertamina. Direktur Utama Pertamina, Simon Aloysius, dan Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Eko Ricky Susanto, hadir langsung mengunjungi booth UMKM, memberikan apresiasi atas kontribusi mereka.

Menurut Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi, dukungan ini adalah strategi jangka panjang perusahaan dalam membangun ekosistem ekonomi yang berkelanjutan.

“Kehadiran UMKM binaan di MotoGP ini adalah bentuk nyata komitmen kami. Ajang ini bukan hanya soal balapan, tetapi juga panggung strategis untuk memperkenalkan produk lokal ke pasar internasional,” pungkas Ahad Rahedi.

Dari deru mesin hingga aroma sate lilit, MotoGP Mandalika 2025 membuktikan event kelas dunia dapat berpadu harmonis dengan semangat lokal, memberikan panggung bagi UMKM untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah global.(*)

Read more

Local News