PanenTalks, Yogyakarta – Yogyakarta sudah bersiap menyambut libur panjang Hari Raya Waisak 2025. PT KAI pun melakukan persiapan dengan menambah tempat duduk kereta.
PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta merespons potensi peningkatan kunjungan ini. Demi memenuhi kebutuhan transportasi, PT KAI menyediakan total 82.080 tempat duduk untuk kereta api (KA) jarak jauh. Ini untuk keberangkatan mulai dari wilayah Daop 6 pada periode 9 hingga 13 Mei 2025.
Langkah antisipatif ini untuk mengakomodasi lonjakan penumpang yang terjadi selama libur akhir pekan dan libur panjang Waisak. Selama periode itu, KAI Daop 6 mengoperasikan sebanyak 31 KA jarak jauh, yang terdiri dari 25 KA reguler dan 6 KA tambahan.
Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih, memproyeksikan puncak arus balik libur panjang Waisak akan terjadi dengan perkiraan29 ribu penumpang melalui wilayah Daop 6 Yogyakarta.
“Angka ini bersifat dinamis seiring dengan perkembangan penjualan tiket. Selain itu mayoritas penumpang akan kembali menuju wilayah Jakarta, Bandung, dan sekitarnya,” kata Feni.
Tertinggi Selama Libur Waisak
Data dari KAI mencatat bahwa volume kedatangan penumpang kereta api di Daop 6 mencapai puncaknya pada Sabtu, 10 Mei, dengan total 35.906 penumpang.
Angka ini merupakan yang tertinggi selama periode libur Waisak. Bahkan melampaui angka puncak Angkutan Lebaran April 2025 yang mencatat 34 ribu penumpang dalam satu hari.
Pada Minggu siang, 11 Mei, terpantau keseimbangan relatif antara arus penumpang yang datang dan berangkat, dengan kisaran 21.000 hingga 22.000 penumpang.
“Tren ini mengindikasikan wilayah Daop 6, terutama kota-kota seperti Yogyakarta, Solo, dan Klaten, tetap menjadi destinasi pilihan utama masyarakat pada momen libur panjang,” ujarnya.

Penguatan Operasional
Lebih lanjut, Feni juga menjelaskan pihaknya sudah melakukan sejumlah langkah penguatan operasional dalam menghadapi arus balik ini.
Pemeriksaan sarana-prasarana secara intensif, koordinasi berkelanjutan dengan stakeholder eksternal untuk menjamin kelancaran layanan, hingga optimalisasi peningkatan kesiapsiagaan petugas di stasiun dan jalur lintas.
“Kami maksimalkan petugas frontliner di area peron dan ruang tunggu. Kami ingin memastikan keamanan dan ketertiban selama proses naik-turun penumpang,” kata dia lagi.
KAI menegaskan komitmen untuk menjaga keselamatan, kenyamanan, dan layanan prima bagi seluruh pengguna jasa selama masa libur panjang Waisak.
Pihaknya juga memastikan bahwa saat in tiket KAI masih tersedia di Wilayah Daop 6 dengan tujuan berbagai relasi.
Adanya aplikasi Access by KAI, kai.id, maupun kanal yang sudah disediakan secara resmi memudahkan masyarakat yang belum memesan tiket. (*)
Editor: Rohmat